Cara kerja sistem injeksi dan nama" sensor pd mobil
Cara Kerja Sistem Injeksi
Teknologi injeksi bahan bakar adalah
salah satu dimana bahan bakar secara langsung dipasok ke dalam ruang
silinder intake manifold. Pada kendaraan bermotor yang sudah menerapkan
sistem injeksi, memiliki bagian yang berfungsi untuk mengontrol dan
mengatur pasokan udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran secara
efektif dan efisien. Bagian kontrol ini terdapat sensor (berupa
elektronik) yang akan mengatur jumlah udara dan bahan bakar secara
homogen sesuai dengan kebutuhan mesin.
Selama sensor bekerja dengan baik,
kemungkinan kerusakan sangat kecil. Sistem throttle body pasokan bahan
bakar yang terletak di throttle body langsung ke ruang asupan sedangkan
sistem titik tunggal akan memasok bahan bakar dari injektor tunggal.
Sensor ini akan membaca putaran mesin dan jumlah udara kemudian akan
mengirimkan hasil pembacaannya tersebut kepada ECU (Engine Control
Unit). ECU akan menghitung dan mengolah selanjutnya akan menentukan
jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan ke dalam ruang bakar.
- Good spray pattern but weak supply (clogged filter)
- Poor spray pattern (obstruction in spray path)
- Poor spray pattern (obstruction in spray path)
- Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
- Good spray pattern with good supply (cleaned injector)
- Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
Saat bahan bakar mengalir dari tangki
bahan bakar menuju proses atomisasi,atau proses pengkabutan bahan bakar
yang akan disemburkan melalui throttle valve. Proses pengkabutan bahan
bakar tersebut terjadi karena bahan bakar mengalami pemampatan dan
memperoleh tekanan yang cukup tinggi, sehingga diperoleh hasil berupa
asap atau kabut. Bahan bakar berbentuk kabut ini akan dikeluarkan lewat
lubang injektor canonical yang posisinya menghadap ke ruang bakar mesin.
Dengan sistem ijeksi ini bisa dipastikan
bahwa bahan bakar secara efisien bercampur dengan udara dan dipasok ke
ruang bakar untuk menghasilkan tenaga yang efisien.
Keunggulan Sistem Injeksi
Keunggulan Sistem Injeksi
Keunggulan mobil sistem injeksi
Dari cara kerja sistem injeksi pada kendaraan bermotor ada beberapa keunggulan yang diperoleh antara lain:1. Efisiensi BBM atau dengan kata Lain lebih Hemat BBM
Pada sistem karburator tidak semua bahan
bakar yang masuk tidak semuanya bisa terbakar, sehingga terbuang
percuma. Sedangkan pada sistem injeksi semua bahan bakar akan terbakar
sempurna sehingga tidak ada yang terbuang.
2. Emisi Gas Buang Yang lebih rendah.
Dengan Bahan bakar yang terbakar sempurna semuanya maka emisi gas buang juga akan menjadi rendah.
3. Tenaga Mesin lebih besar
Karena semua bahan bakar terbakar semua
otomatis tenaga mesin menjadi lebih besar. Selain itu konstruksi
injektor tepat berada pada intake manifold sehingga pencampuran bahan
bakar lebih homogen dan pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna.
4. Lebih Mudah Perawatan
Karena bersifat elektrik, maka perawatan mesin berinjeksi relatif lebih mudah, karena tidak perlu bongkar karburator saat melakukan servis rutin, hanya perlu menyetel lewat alat khusus
Sistem injeksi pada kendaraan bermotor
memberikan banyak manfaat bagi kendaraan bermotor namun semua komponen
harus bekerja dengan sempurna. Selain itu tidak semua orang memiliki
keahlian dalam menangani mesin dengan sistem injeksi ini. Perlahan namun
pasti teknologi otomotif akan mengakomodasi sistem injeksi. Tidak hanya
pada mobil, saat ini sepeda motor juga semakin banyak yang menggunakan
sistem injeksi.
NAMA-NAMA SENSOR PD MOBIL Avanza,Xenia,Terios,Rush
Gambar Letak Map sensor Avanza,Xenia,Terios dan Rush silakan lihat dibawah ini.
2. TPS atau Throttle Position Sensor, TPS atau Sensor Posisi Throttle terletak di throttle body atau katup gas, berfungsi untuk mengetahui berapa persen katup gas (throttle valve) dibuka atau seberapa lebar katup gas terbuka saat pedal gas diinjak.
3. CKP Sensor, CKP sensor atau CrankShaft Posision Sensor terletak di bagian depan mesin bagian bawah untuk mendeteksi posisi TOP silinder.
4. Camshaft Sensor, Camshaft sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi camshaft.
5. ISC atau Idle Speed Control Valve, ISC termasuk aktuator, sesuai dengan namanya ISC valve adalah sparepart atau komponen yang berfungsi untuk mengatur putaran mesin saat idel atau stationer.
6. IAT (Intake Air Temperatur) atau Sensor temperatur udara masuk, sensor temperatur udara masuk berada di filter udara yang berfungsi untuk mendeteksi berapa derajat celsius suhu udara yang masuk di ruang filter udara sebelum ke mesin.
7. ECT atau Engine coolant Temperature, ECT atau sensor temperatur cairan pendingin mesin yang bertugas untuk memberi sinyal untuk menghidupkan kipas radiator saat mesin sudah panas.
8. Sensor Knock, berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin. Knock sensor terbuat dari piezo electric element yang menghasilkan tegangan saat piezo electric element-nya berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block silinder vibrasi yang disebabkan karena terjadinya knocking.
9. Vacuum Switching Valve (EVAP) atau VSV, VSV bukanlah sensor tetapi aktuator, fungsi katup vsv (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin dari tanki melalui charcoal canister, uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar didalam mesin. Katup vsv biasanya bekerja setelah kondisi mesin sudah panas.
10. Oxygen Sensor, O2 sensor adalah sensor gas buang, sensor oksigen berfungsi untuk mendeteksi oksigen didalam gas buang hasil pembakaran mesin, oksigen sensor terletak di knalpot atau exhaus manifold.
11. OCV atau Oil Control Valve, OCV termasuk aktuator yang berfungsi untuk mengatur oli mesin yang masuk ke VVT-i.
12. Injektor Bahan Bakar adalah aktuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengabutkan bensin ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar.
13. Pompa Bensin atau pompa bahan bakar, dimana letak atau posisi pompa bensin?Pada Avanza, xenia, terios atau rush dan mobil injeksi pada umumnya, letak atau posisi pompa bensin berada didalam tangki. Pompa bensin ini berfungsi untuk menaikan tekanan bahan bakar sebelum dikabutkan oleh injektor.
demikianlah informasi yg saya dapat,
semoga bermanfaat dan berguna . . .
wassalamualaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar